PERSYARATAN PENDAFTARAN  PESERTA  DIDIK  BARU (PPDB)
JALUR RSBI  SMP NEGERI 1 BALIKPAPAN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

 

  1. Waktu Pendaftaran
    1. Tanggal  : 5 Maret 2009 s/d 15 April 2009
    2. Hari  : Senin s/d Kamis pukul 08.00 s/d 12.00 wita.  Jum'at pukul 08.00 s/d 11.00 wita
  2. Tempat Pendaftaran:
    • SMP Negeri 1 Balikpapan Jl.K.P.Tendean Gunung Pasir Balikpapan, telpon (0542) 422703.
  3. Prosedur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
    1. Seleksi Administratif:
      1. Melampirkan surat keterangan sehat jasmani (dari dokter)
      2. Melampirkan surat keterangan bahwa siswa sedang duduk di kelas 6 SD (dari     sekolah asal)
      3. Melampirkan Surat keterangan kelakuan baik (dari sekolah asal)
      4. Memiliki rata-rata nilai raport kelas 3 s/d 6 SD untuk Mapel IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia minimal 75 (dengan nilai seluruh mapel minimal 70), ditunjukkan dengan raport asli dan 2 lembar foto copy yang telah dilegalisir.
      5. Melampirkan surat keterangan/sertifikat  Bahasa Inggris, Komputer,  dll (jika ada)
      6. Melampirkan kejuaraan akademik/non-akademik pada tk Kab/Kota (jika ada) dan dibuktikan dengan sertifikat, piagam, surat keterangan, dll
      7. Menandatangani surat pernyataan (telah disiapkan):
      8. Bersedia mengikuti seleksi PPDB
      9. Bersedia mengikuti program RSBI serta mentaati tata tertib di SMPN 1 Balikpapan
      10. Bersedia membantu biaya operasional RSBI
      11. Bagi calon peserta didik muslim:
        1. Melampirkan surat keterangan bisa baca tulis Alqur’an dari TPA (bagi yang sudah tamat Alqur’an)
        2. Melampirkan surat keterangan sedang belajar baca tulis Alqur’an (bagi yang belum tamat Alqur’an)
      12. Bagi calon peserta didik non muslim melampirkan surat keterangan pendidikan agama dari Pembina agama
      13. Melampirkan Surat keterangan telah lulus Ujian Nasional dan Ujian Sekolah dari sekolah  asal (menyusul)
      14. Pas foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar
    2. Seleksi Akademis: Tes tertulis (MIPA, Bahasa Indonesia dan Pengetahuan Umum)
    3. Seleksi Non Akademis
      • Tes computer
      • Tes wawancara dengan calon peserta didik dan orang tua peserta didik
      • Tes minat dan bakat
      • Tes wawancara Bahasa Inggris
    4. Seleksi lainnya: Tes Kecerdasan (psikotes)
  4. Membayar uang Pendaftaran Rp 25.000,00.

 Catatan: Bagi calon peserta didik gakin (dibuktikan dengan kartu gakin) yang  lulus seleksi akan  dibebaskan dari segala pembiayaan.

 

Balikpapan, 20  Februari 2009
Kepala Sekolah,
    

Dra. Hj. Ida Afrida, MM.Pd
NIP. 131 610 251